Sabtu, 22 November 2008

DAMPAK NEGATIF SINETRON TERHADAP PELAJAR

Bab 1

Bab 1

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Rumusan masalah ini sangat penting penulis dan permasalahan yang dirumusakan dlam karya tulis ini adalah? “Dampak Ngatif Sinetron Terhadap Pelajar”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 9a SMPN 2 Koto Mojokerto Jln Ach.Yani No.15 Mojokerto, tepatnya di depan kab. Mojokerto dengan cara wawancara lisan.


B. Rumusan Masalah

Dalam penelitian ini penulis menghimbau bahwa: ‘DAMPAK NEGATIF SINETRON TERHADAP PELAJAR?’ dapat diteliti dengan baik.


C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah merupakan langkah- langkah untuk menghasilkan kumpulan data tentang Dampak Negatif Sinetron Terhadap Pelajar?


D. Manfaat Penelitian

A. Para siswa 9a akan tahu bahwa jika menonton sinetron terus-menerus akan merusak moral kita karena sinetron zaman sekarang tidak berbobot, contoh sinetron yang tidak berbobot adalah sinetron yang menunjukkan kekayaan seseorang dan orang itu menjadi sombong.

B. Meningkatkan belajar para siswa 9a karena mengurangi jadwalnya menonton televisi.

C. Para penonton yang lain menyadari bahwa sinetron dapat merugikan obyek prnelitian.


BAB 2

DESKRIPSI


A. Kontek Implementasi

Penulis membuat laporan ini dikarenakan penulis mendapat tugas dari sekolah dalam mata pelajaran TEKNOLOGI INFORMATIKA dan KOMUNIKASI.Penelitian ini dilakukuan di di SMPN 2 Kota Mojokerto Jln.Ahmad Yani No.15 Kota Mojokerto kelas 9a.


B. Rencana Penelitian

Langkah-langkah penelitian

1. Memberi tahu siswa kelas 9a untuk mereka mempersiapkan jawaban dari wawancara yang dilakukan penulis

2. Memulai bertanya kepada lima siswa kelas 9a dengan cara mewawancarai mereka / Tanya jawab.

3. Menyaring kesimpulan dari semua data.

C. Pelaksanaan Tindakan

Siklus 1

Melakukan wawancara dari semua murid 9a dengan menanyai mereka tentang Dampak Negatif Sinetron Terhadap Pelajar

Siklus 2

  1. Merevisi dan menyempurnakan pelaksanaan tindakan.

  2. Mengevaluasi hasil tindakan.



D. Menyusun hasil penelitian

1. Memberi tahu semua kelas 9a untuk mereka mempersiapkan jawaban dari pertanyaan wawancara.

2. Memulai bertanya kepada semua siswa kelas 9a dengan cara mewawancarai mereka.

3. Menyaring kesimpulan dari semua data.


E. Penilaian

Penilaian dalam hal dampak negative sinetron terhadap pelajar adalah: 70- 80= 5%

80- 90= 10%

90- 100= 30%



BAB 3


A. Hasil penelitian dan pembahasan

Hasil dari penelitian ini adalah siswa menyadari kalau sinetron membawa pengaruh yang tidak baik terhadap mereka. Hal ini terbukti dalam wawancara pada hari lalu, contoh dari pengaruh dari sinetron yang tidak baik adalah para siswa akan meniru sikap-sikap dari para pemain sinetron contoh dari sikap-sikap tersebut adalah biasanya salah satu dari aktot atau aktris ingin mempunyai HP tetapi kondisi ekonomi keluarganya tidak mampu, dan pemain tersebut akan minder kepada teman- temannya, itu adalah salah satu contoh negative sinetron yang banyak ditiru oleh penonton termasuk pelajar zaman sekarang.


B. Contoh Penilaian

Contoh penilaian dari data atau hasil laporan diatas adalah: 70- 80= 5%

80- 90= 10%

90-100= 30%

Keterangan: bahwa prosentase tertinggi menunjukkan penonton meniru sikap pemain sinetron dan sebaliknya.



BAB 4


A. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan

Pembuat laporan ini menyimpulkan bahwa memang pada akhir- akhir ini banyak pelajar yang konsentrasi belajarnya berkurang karena sering menonton sinetron yang tidak mempunyai makna positif, banyak para remeja atau pelajar yang menonton tayangan yang seharusnya tidak ia tonton, dan dapat merugikan bagi pelajar.

Saran

Supaya para pelajar tidak terlalu banyak menonton sinetron yang ditayangkan di televisi pergunakan waktu sebaik- baiknya. Dan jika ada waktu luang pergunakan dangan belajar dengan giat. Key…


B. Daftar Pustaka

Hasil laporan ini ditulis oleh Clara Arethia Lintangsari dengan cara pengambilan data dengan cara wawabcara di kelas 9a SMPN 2 Kota Mojokerto.


C. Pengolaan Data

penelitian ini dilaksanakan pada hari jumat tanggal 21 nopember 2008 di kelas 9a.